Kamis, 05 Juni 2014

MESIN DIESEL Dari Sistim Fuel PUMP.

Pengalaman adalah ilmu yang paling berharga, .. 

FUEL PUMP
 FUEL PUMP ADALAH POMPA BAHAN BAKAR, YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMOMPA BAHAN BAKAR MINYAK YANG TERLETAK DEKAT FUEL INJECTION PUMP.
 FUNGSI FUEL INJECTION PUMP ADALAH UNTUK MENSUPLAY BAHAN BAKAR DARI FUEL PUMP KEDADALAM SILINDER MELALUI NOZZEL.
 Dengan Tekanan tinggi (SEKITAR 60-200kg/cm2), Bahan bakar di injeksikan sehingga membentuk Kabut dan mudah bercampur dengan Udara… pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA
FUNGSI NOZZEL

MEMAMPATKAN BAHAN BAKAR KEDALAM SILINDER DAN MENGATUR JUMLAH SOLAR YG MASUK SESUAI SPECIFIKASI.
PERBEDAAN NOZZEL DENGAN INJECTOR
NOZZEL      DIGUNAKAN UNTUK MEMAMPATKAN BAHAN BAKAR KE RUANG  BAKAR SEDANGKAN
Disebut injector karena tugas dari komponen ini adalah menginjeksi, dan disebut pengabut karena bahan bakar keluar dari komponen ini dalam bentuk kabut, sedangkan disebut nosel karena ujung komponen ini luas penampangnya makin mengecil
INJEKTOR SEBAGAI ALAT UNTUK MENYEMPROTKAN BAHAN BAKAR.
NOZLE MEMAKAI FIP (FEUL INJECTION PUMP) SEDANGKAN
INJECTOR MEMAKAI ECM  (ELECTRIKAL CONTROL MODUL)
(YG JELAS LEBIH BAGUS MEMAKAI INJECTOR, PADA TIMINGNYA LEBIH PAS YG MEMAKAI INJECTOR JD PEMBAKARAN LEBIH SEMPURNA)

SUSUNAN SISTIM DARI FUEL PUMP SEHINGGA MENJADI ASAP

DARI FUEL PUMP BAHAN BAKAR DISUPLAY OLEH POMPA INJEKSI (FUEL INJECTION PUMP) KE  INJECTOR NOZZEL, BAHAN BAKAR DI INJEKSIKAN SEHINGGA MEMBENTUK KABUT DENGAN TEKANAN TINGGI SEKITAR 60-200kg/CM2, PADA SAAT TORAK/PISTON MENDEKATI POSISI TMA. DENGAN LANGKAH KERJA:
-          LANGKAH ISAP, PISTON BERGERAK DARI TMA KE TMB DAN UDARA DIISAP MELALUI KATUP ISAP SEDANGKAN KATUP BUANG TERTUTUP

-          LANGKAH KOMPRESSI, PISTON BERGERAK DARI TMB KE TMA DENGAN MEMAMPATKAN UDARA YG DIISAP, KRN KEDUA KATUP TERTUTUP TEKANAN SUHU UDARA AKAN NAIK
-          LANGKA USAHA, KETIKA KATUP ISAP DAN BUANG MASIH TERTUTUP, PARTIKEL BAHAN BAKAR YG DISEMPROTKAN OLEH INJEKTOR NOZZEL BERCAMPUR UDARA BERTEKANAN DAN SUHU TINGGI MAKA TERJADILAH PEMBAKARAN, PD LANGKAH INI PISTON MULAI BERGERAK DARI TMA KE TMB
LANGKAH BUANG, KETIKA TORAK TERUS BERGERAK DARI TMA KE TMB KATUP ISAP TERTUTUP DAN KATUP BUANG TERBUKASEHINGGA GAS BEKAS PEMBAKARAN TERDORONG KELUAR.
DAN TERJADILAH PENGASAPAN PADA MESIN

Injector berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar diesel dari injection pump ke dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA
Dengan Tekanan tinggi (SEKITAR 60-200kg/cm2), Bahan bakar di injeksikan sehingga membentuk Kabut dan mudah bercampur dengan Udara

PISTON
http://5osial.files.wordpress.com/2010/06/the-piston.jpgPISTON ADALAH CAKRAM YANG BERGERAK BOLAK BALIK DIDALAM SILINDER.
FUNGSI UTAMA SEBAGAI PEMBAKARANDAN MENGUBAH ENERGI PANAS MENJADI ENERGI GERAK/BERPUTAR.

1.       HEAD/CROWN..merupakan penampang piston
2.       RING PISTON…punya fungsi sebagai seal/pembatas antara piston dan silinder..bersifat keras,tidak mudah memuai dan tahan gesek
3.       SKIRT/SAYAP (bahasa bengkelnya)..berfungsi sebagai tumpuan/bearing piston saat bergesekan dengan silinder
4.       PEN PISTON…model yang diaplikasi umumnya model floating dan di tahan Circum-clip/sirklip




 FIRING ORDER

Jmlh Slnder
Firing Order
3
1-3-2 dan 1-2-3
4
1-3-4-2 dan 1-2-4-3
6
1-4-2-6-3-5-6 dan 1-5-3-6-2-4
8
1-8-4-3-6-5-7-2
 FIRING ORDER ADALAH URUTAN PENGAPIAN / PEMBAKARAN PADA MESIN.





PERBEDAAN MESIN DIESEL DAN MESIN BESNSIN
Mesin diesel menggunakan prinsip auto-ignition (terbakar sendiri). Sedangkan mesin bensin menggunakan prinsip spark-ignition (pembakaran yang dipicu oleh percikan api pada busi).
Perbedaan utama mesin diesel dan mesin bensin
Motor diesel dan motor bensin mempunyai beberapa perbedaan utama, bila ditinjau dari beberapa item di bawah ini, yaitu (lihat Tabel 1)

Motor diesel juga mempunyai keuntungan dibanding motor bensin, yaitu:
a)    Pemakaian bahan bakar lebih hemat, karena efisiensi panas lebih baik, biaya operasi lebih hemat karena solar lebih murah.
b)   Daya tahan lebih lama dan gangguan lebih sedikit, karena tidak menggunakan sistem pengapian
c)    Jenis bahan bakar yang digunakan lebih banyak
d)   Operasi lebih mudah dan cocok untuk kendaraan besar, karena variasi momen yang terjadi pada perubahan tingkat kecepatan lebih kecil.

Di samping itu motor diesel memiliki kerugian, yaitu:
a)    Suara dan getaran yang timbul lebih besar (hampir 2 kali) daripada motor bensin. Hal ini disebabkan tekanan yang sangat tinggi (hampir 60 kg/cm2) pada saat pembakaran
b)   Bobot per satuan daya dan biaya produksi lebih besar, karena bahan dan konstruksi lebih rumit untuk rasio kompresi yang tinggi
c)    Pembuatan pompa injeksi lebih teliti sehingga perawatan lebih sulit
d)   Memerlukan kapasitas baterai dan motor starter yang besar agar dapat memutar poros engkol dengan kompresi yang tinggi.

PERBEDAAN MESIN 2TAK DAN 4 TAK
MESIN 4 TAK , 4 KALI LANGKA KERJA, 1 KALI LANGKA USAHA
SEDANGKAN MESIN 2 TAK 2 KALI LANGKA KERJA 1 KALI LANGKA USAHA.

MENYETEL KLEP/VALVE MESIN 4 SILINDER
1.     Memposisikan top silinder 1.
Putar mesin lewat pulley hingga meraih tdc/top dead center pada silinder 1
# langkah tahu top mesin (tdc=top dead center)

http://1.bp.blogspot.com/-aBlUFDuk7rU/Utaq2Q9GvRI/AAAAAAAAAEA/huU3BF37Q5U/s1600/stel+klep.jpg2. Valve/klep yang bisa di stel :

silinder 1 klep hisap & buang.
Silinder 2 klep hisap.
Silinder 3 klep buang.
Silinder 4 tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan overlaping.

3. Memposisikan top silinder 4.
Putar mesin lewat pulley hingga meraih tdc/top dead center pada silinder 4.
# langkah tahu top mesin (tdc=top dead center)

4. Valve/klep yang bisa di stel :

silinder 4 klep hisap & buang.
Silinder 3klep hisap.
Silinder 2 klep buang.
Silinder 1 tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan overlaping.

Cara Menyetel Klep (Valve)
http://autotuhu.files.wordpress.com/2010/04/stel-valve.jpeg?w=620
Untuk tetap mendapatkan kondisi mesin dengan performa yang prima tentunya tidak lepas dari cara perawatan / maintenance yang berkala sesuai spesifikasi masing2 mobil dengan kata lain tune up rutin, tentunya akan lebih cepat melakukan perbaikan pada mobil oldtech/jadul yang sudah barang tentu masa penggunaan sudah melampaui time limit menurut pabriknya.
Tune up terdiri dari beberapa penyetelan serta service yang salah satunya merupakan penyetelan klep/valve. Dari sistem kerja memang valve/klep merupakan mekanisme yang memiliki proses gesekan besar selama mesin berputar, serta tumbukan yang juga menyebabkan perubahan pada bahan lebih2 apabila part bukan kualitas bagus seminggu aja sudah terasa perubahannya.
Bagaimanakah Cara menyetel valve/klep yang ideal? sebenarnya penyetelan kelep tidah susah amir, cuma kita di tuntut untuk telaten serta teliti dalam proses penyetelan klep. Salah setel tentunya bisa beresiko fatal dan menyebabkan overhaul pada mesin.
Cara penyetelan Valve bisa di lakukan dengan 2 cara, yakni secara rombongan/multy serta penyetelan valve secara sendiri2 /tiap silinder.
Cara menyetel Valve secara Rombongan (pada mesin sebaris 4 silinder) yakni bisa di awali dengan:
1. Memposisikan TOP Silinder 1.
Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 1
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfwVM6PMtO8pQty740lDS45XHUC9b7IrC30Yk06MybvNWLF77bplODKdehn456Vq51DQQymDqRE-NO37_QJpOB1LbTYArJoYC05LVFSAGImsJsvqxkMAvnUmkMKpBRxlvqseKF2jr7-qZo/s1600/Slide2.JPG2. Valve/klep yang dapat di stel:
  • Silinder 1 klep Hisap & Buang.
  • Silinder 2 Klep Hisap.
  • Silinder 3 klep Buang.
  • Silinder 4 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.
3. Memposisikan Top Silinder 4.
Putar mesin melalui pulley sampai mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 4.
4. Valve/klep yang dapat di stel:
  • Silinder 4 klep Hisap & Buang.
  • Silinder 3Klep Hisap.
  • Silinder 2 klep Buang.
  • Silinder 1 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.
 Pengalaman adalah ilmu yang PALING Berharga.
Kalau ada kritik dan saran Monggo dikoment, Semoga Ringkasan Postingan aku diatas Bisa Membantu dan meningkatkan Pengalaman kita Utamanya bagi kita (Tehnik Mesin) Semoga bermanfaat. Thanks

30 komentar:

  1. cara menyetel fuel pump biar irit gmn sih guys???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman saya pribadi untuk setting fuel pump jarang sekali dilakukan,. Untuk menghemat bahan bakar biasanya saya sedikit mengendurkan settingan klep-nya.. tapi dampaknya kinerja mesin loyo kurang bertenaga

      Hapus
  2. penjelasannya memang cukup lengkap gan, hanya saja sedikit buram buat dibaca :)

    Gearz Area | Belajar ilmu tekhnik, mekanik, otomotif dan diesel

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maklum gan, masih sama sama tahap belajar.intinya diatas teori pas kita melamar kerjaan, khusus orang mesin apalagi perwira. wajibtau..biar lolos interview ..

      Hapus
  3. Sory baru sempat Balas,.. Kurang jelas yah,.. :( Boy sandi Maaf aku cuma bisa sedikit2 di mesin diesel kapal laut, untuk irit di mesin modern sekarang susah, jalan yang aku tauya Rpm jangan ditancap pasti irit gan. Klu mesin yg bos pumnya terpisah2 bisa kita stel dari situ, ex mesin yanmar model lama yah. Stelannya di bost pump.

    BalasHapus
  4. Gmn cara stel jelek mesin cummins nta855M

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau cummin mau di stel jelek, ya longgarin aja tuh inlet atau outlet klepnya.. ahaaaa aku masih proses belajar juga gan..mari caritau di mbah google lainnya..

      Hapus
  5. ok bosss +kamirvirgo thanks informasinya. tpi klo stelan klep kira2 berpengaruh gak ya sma irit dan borosnya suatu mesin???? mohon penjelasannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berpengaruh gan, klu setelannya Pas yg pastinya akan semakin irit, coz klu stelan klep gak normal, mesin pembakarannya jadi kurang sempurna, sehingga kinerja mesin jadi kurang maksimal..

      Hapus
  6. Mohon maaf gan, aku juga masih tahap belajar, kiranya ada jawaban yang kurangpas, ataupun teori diatas kurang mantap.. Harap dimaklumi..

    BalasHapus
  7. Penyetelan klep tidak berpengaruh pada pembakaran solar beda ama bensin pengaruh sangat besar

    BalasHapus
  8. Setuju sama komentar Ganda Praja diatas..

    Buat yang sedang cari jasa renovasi rumah murah dan berencana akan membuat pondasi dalam pasti butuh jasa bore pile atau jasa strauss pile menggunakan beton dengan harga jayamix atau harga beton jayamix. Atau jika Anda sedang mencari harga paving block per meter yg murah atau akan menghias taman, gunakan paving block taman dengan harga pasang paving block per m2 yg murah & berkualitas segera hubungi 0812-1180-292 (Momo)

    BalasHapus
  9. Kalau timing order bospump dengan timing order piston mesin yanmar 4kdl itu gk sama itu salah nya dmna guys.?

    BalasHapus
  10. Saya mau tanya klo utk nyetel klep yg 6 silender gmn gan langkah2nya? Klo yg di atas kan 4 silinder.. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja bos, bisa setel langsung semua dan juga bisa setel satu2. Kalo setel langsung semua, top cylinder 1:In dan ex
      Cylinder 2:In Cylinder 3:ex Cylinder 4:In Cylinder 5:ex Cylinder 6: Overlaping.dan sebaliknya. Kalo setel satu2,1-5-3-6-2-4

      Hapus
  11. Bro mau tanya. Apa bedanya bospom dan fuel pump?

    BalasHapus
  12. Mau tanyan gan. Sebetulnya fuel pump dan bospom itu bedanya apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang benar injection pump. .Orang bnyak salah sebut dengan bos pump karna merek pompa injection pump nya bosch. Kalau fuel pump itu pompa transfer bahan bakar.bukan dimesin.. !! Masih jg salah sebut injection pump disebut fuel pump. .walau artinya sama.

      Hapus
  13. Untuk top mesen grader 511 bgai mana bos

    BalasHapus
  14. Maut tanya bang berapa tekanan injektor mesin diesel Mitsubishi 4D32 pada saat dites.mohon infonya

    BalasHapus
  15. Bosch kalau masang boschpump keliru dengan top 4 mau hidup walaupun susah apa sebabnya

    BalasHapus
  16. Bosch kalau masang boschpump keliru dengan top 4 mau hidup walaupun susah apa sebabnya

    BalasHapus
  17. mau nanya ni mesin mitsubishi6D16 mesin kapal agak panas penyebabx apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sirkulasi airnya gak normal, bisa juga tidak berfungsinya termostat sehingga jalur air balik ke radiator tertutup

      Hapus
  18. Izin bg mau Tanyak. Bagaimana cara penyetelan klep pada 4 silinder

    BalasHapus
  19. saya me beli buku manual mesin Diesel merk Yanmar 5 KDL dmna ya gan .mksih

    BalasHapus
  20. Mau tanya gan apa penyebab bosch pump panas untuk mesin diesel kapal..makasih

    BalasHapus
  21. Mau Tanya gan puller inlet pakai ketebalan berapa mm Dan ex berpa mm. Untuk stel klepnya.

    BalasHapus
  22. Cara stel klep 2 tahap 6 cylinder

    BalasHapus
  23. mohon maaf sebelumnya saya mau tanya cara menyetel timing mesin hanshin 6 LU 54.4500 hp

    BalasHapus