Pengalaman adalah ilmu yang paling berharga, ..
FUEL PUMP
FUEL PUMP ADALAH POMPA
BAHAN BAKAR, YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMOMPA BAHAN BAKAR MINYAK YANG TERLETAK
DEKAT FUEL INJECTION PUMP.
FUNGSI FUEL INJECTION PUMP ADALAH UNTUK MENSUPLAY BAHAN
BAKAR DARI FUEL PUMP KEDADALAM SILINDER MELALUI NOZZEL.
Dengan Tekanan tinggi (SEKITAR 60-200kg/cm2),
Bahan bakar di injeksikan sehingga membentuk Kabut dan mudah bercampur dengan
Udara…
pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston) mendekati posisi TMA
FUNGSI NOZZEL
MEMAMPATKAN
BAHAN BAKAR KEDALAM SILINDER DAN MENGATUR JUMLAH SOLAR YG MASUK SESUAI
SPECIFIKASI.
PERBEDAAN NOZZEL
DENGAN INJECTOR
NOZZEL DIGUNAKAN UNTUK MEMAMPATKAN BAHAN BAKAR KE RUANG BAKAR
SEDANGKAN
Disebut injector karena tugas dari
komponen ini adalah menginjeksi, dan disebut pengabut karena bahan bakar keluar
dari komponen ini dalam bentuk kabut, sedangkan disebut nosel karena ujung
komponen ini luas penampangnya makin mengecil
INJEKTOR SEBAGAI ALAT UNTUK
MENYEMPROTKAN BAHAN BAKAR.
NOZLE
MEMAKAI FIP (FEUL INJECTION PUMP) SEDANGKAN
INJECTOR
MEMAKAI ECM (ELECTRIKAL CONTROL MODUL)
(YG JELAS LEBIH BAGUS MEMAKAI
INJECTOR, PADA TIMINGNYA LEBIH PAS YG MEMAKAI INJECTOR JD PEMBAKARAN LEBIH
SEMPURNA)
SUSUNAN SISTIM DARI
FUEL PUMP SEHINGGA MENJADI ASAP
DARI
FUEL PUMP BAHAN BAKAR DISUPLAY OLEH POMPA INJEKSI (FUEL INJECTION PUMP) KE INJECTOR NOZZEL, BAHAN BAKAR DI INJEKSIKAN
SEHINGGA MEMBENTUK KABUT DENGAN TEKANAN TINGGI SEKITAR 60-200kg/CM2, PADA SAAT
TORAK/PISTON MENDEKATI POSISI TMA. DENGAN LANGKAH KERJA:
-
LANGKAH ISAP, PISTON BERGERAK DARI TMA KE TMB DAN UDARA DIISAP MELALUI
KATUP ISAP SEDANGKAN KATUP BUANG TERTUTUP
-
LANGKAH KOMPRESSI, PISTON BERGERAK DARI TMB KE TMA DENGAN MEMAMPATKAN
UDARA YG DIISAP, KRN KEDUA KATUP TERTUTUP TEKANAN SUHU UDARA AKAN NAIK
-
LANGKA USAHA, KETIKA KATUP ISAP DAN BUANG MASIH TERTUTUP, PARTIKEL BAHAN
BAKAR YG DISEMPROTKAN OLEH INJEKTOR NOZZEL BERCAMPUR UDARA BERTEKANAN DAN SUHU
TINGGI MAKA TERJADILAH PEMBAKARAN, PD LANGKAH INI PISTON MULAI BERGERAK DARI
TMA KE TMB
LANGKAH BUANG, KETIKA TORAK TERUS BERGERAK DARI
TMA KE TMB KATUP ISAP TERTUTUP DAN KATUP BUANG TERBUKASEHINGGA GAS BEKAS
PEMBAKARAN TERDORONG KELUAR.
DAN TERJADILAH
PENGASAPAN PADA MESIN
Injector
berfungsi untuk menghantarkan bahan bakar diesel dari injection pump ke
dalam silinder pada setiap akhir langkah kompresi dimana torak (piston)
mendekati posisi TMA
Dengan Tekanan tinggi (SEKITAR 60-200kg/cm2), Bahan bakar
di injeksikan sehingga membentuk Kabut dan mudah bercampur dengan Udara
PISTON
FUNGSI UTAMA SEBAGAI PEMBAKARANDAN MENGUBAH ENERGI PANAS
MENJADI ENERGI GERAK/BERPUTAR.
2.
RING PISTON…punya
fungsi sebagai seal/pembatas antara piston dan silinder..bersifat keras,tidak
mudah memuai dan tahan gesek
3.
SKIRT/SAYAP (bahasa
bengkelnya)..berfungsi sebagai tumpuan/bearing piston saat bergesekan dengan
silinder
4.
PEN PISTON…model yang
diaplikasi umumnya model floating dan di tahan Circum-clip/sirklip
FIRING ORDER
Jmlh Slnder
|
Firing Order
|
3
|
1-3-2 dan 1-2-3
|
4
|
1-3-4-2 dan 1-2-4-3
|
6
|
1-4-2-6-3-5-6 dan 1-5-3-6-2-4
|
8
|
1-8-4-3-6-5-7-2
|
FIRING ORDER ADALAH
URUTAN PENGAPIAN / PEMBAKARAN PADA MESIN.
PERBEDAAN MESIN DIESEL DAN
MESIN BESNSIN
Mesin diesel menggunakan prinsip auto-ignition (terbakar sendiri). Sedangkan
mesin bensin menggunakan prinsip spark-ignition
(pembakaran yang dipicu oleh percikan api pada busi).
Perbedaan
utama mesin diesel dan mesin bensin
Motor diesel dan motor bensin
mempunyai beberapa perbedaan utama, bila ditinjau dari beberapa item di bawah
ini, yaitu (lihat Tabel 1)
Motor diesel juga mempunyai keuntungan dibanding motor
bensin, yaitu:
a) Pemakaian bahan bakar lebih hemat, karena efisiensi panas
lebih baik, biaya operasi lebih hemat karena solar lebih murah.
b) Daya tahan lebih lama dan gangguan lebih sedikit, karena
tidak menggunakan sistem pengapian
c) Jenis bahan bakar yang digunakan lebih banyak
d) Operasi lebih mudah dan cocok untuk kendaraan besar, karena
variasi momen yang terjadi pada perubahan tingkat kecepatan lebih kecil.
Di samping itu motor diesel memiliki kerugian, yaitu:
a) Suara dan getaran yang timbul lebih besar (hampir 2 kali)
daripada motor bensin. Hal ini disebabkan tekanan yang sangat tinggi (hampir 60
kg/cm2) pada saat pembakaran
b) Bobot per satuan daya dan biaya produksi lebih besar, karena
bahan dan konstruksi lebih rumit untuk rasio kompresi yang tinggi
c) Pembuatan pompa injeksi lebih teliti sehingga perawatan
lebih sulit
d) Memerlukan kapasitas baterai dan motor starter yang besar
agar dapat memutar poros engkol dengan kompresi yang tinggi.
PERBEDAAN MESIN 2TAK
DAN 4 TAK
MESIN
4 TAK , 4 KALI LANGKA KERJA, 1 KALI LANGKA USAHA
SEDANGKAN
MESIN 2 TAK 2 KALI LANGKA KERJA 1 KALI LANGKA USAHA.
MENYETEL
KLEP/VALVE MESIN 4 SILINDER
1.
Memposisikan
top silinder 1.
Putar mesin lewat pulley hingga meraih tdc/top dead center pada silinder 1
# langkah tahu top mesin (tdc=top dead center)
Putar mesin lewat pulley hingga meraih tdc/top dead center pada silinder 1
# langkah tahu top mesin (tdc=top dead center)
2. Valve/klep yang bisa di stel :
silinder 1 klep hisap & buang.
Silinder 2 klep hisap.
Silinder 3 klep buang.
Silinder 4 tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan overlaping.
3. Memposisikan top silinder 4.
Putar mesin lewat pulley hingga meraih tdc/top dead center pada silinder 4.
# langkah tahu top mesin (tdc=top dead center)
4. Valve/klep yang bisa di stel :
silinder 4 klep hisap & buang.
Silinder 3klep hisap.
Silinder 2 klep buang.
Silinder 1 tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan overlaping.
silinder 1 klep hisap & buang.
Silinder 2 klep hisap.
Silinder 3 klep buang.
Silinder 4 tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan overlaping.
3. Memposisikan top silinder 4.
Putar mesin lewat pulley hingga meraih tdc/top dead center pada silinder 4.
# langkah tahu top mesin (tdc=top dead center)
4. Valve/klep yang bisa di stel :
silinder 4 klep hisap & buang.
Silinder 3klep hisap.
Silinder 2 klep buang.
Silinder 1 tak bisa di setel seluruhnya lantaran dlm keadaan overlaping.
Cara
Menyetel Klep (Valve)
Untuk tetap mendapatkan kondisi
mesin dengan performa yang prima tentunya tidak lepas dari cara perawatan /
maintenance yang berkala sesuai spesifikasi masing2 mobil dengan kata lain tune
up rutin, tentunya akan lebih cepat melakukan perbaikan pada mobil
oldtech/jadul yang sudah barang tentu masa penggunaan sudah melampaui time
limit menurut pabriknya.
Tune up terdiri dari beberapa
penyetelan serta service yang salah satunya merupakan penyetelan klep/valve. Dari
sistem kerja memang valve/klep merupakan mekanisme yang memiliki proses gesekan
besar selama mesin berputar, serta tumbukan yang juga menyebabkan perubahan
pada bahan lebih2 apabila part bukan kualitas bagus seminggu aja sudah terasa
perubahannya.
Bagaimanakah Cara menyetel
valve/klep yang ideal? sebenarnya penyetelan kelep tidah susah amir, cuma kita
di tuntut untuk telaten serta teliti dalam proses penyetelan klep. Salah setel
tentunya bisa beresiko fatal dan menyebabkan overhaul pada mesin.
Cara penyetelan Valve bisa di
lakukan dengan 2 cara, yakni secara rombongan/multy serta penyetelan valve
secara sendiri2 /tiap silinder.
Cara
menyetel Valve secara Rombongan
(pada mesin sebaris 4 silinder) yakni bisa di awali dengan:
1.
Memposisikan TOP Silinder 1.
Putar mesin melalui pulley sampai
mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 1
- Silinder 1 klep Hisap & Buang.
- Silinder 2 Klep Hisap.
- Silinder 3 klep Buang.
- Silinder 4 Tidak dapat di setel
semua karena dlm kondisi Overlaping.
3. Memposisikan Top Silinder 4.
Putar mesin melalui pulley sampai
mencapai TDC/Top Dead Center pada silinder 4.
4.
Valve/klep yang dapat di stel:
- Silinder
4 klep Hisap & Buang.
- Silinder
3Klep Hisap.
- Silinder
2 klep Buang.
- Silinder 1 Tidak dapat di setel semua karena dlm kondisi Overlaping.
Pengalaman adalah ilmu yang PALING Berharga.
Kalau ada kritik dan saran Monggo dikoment, Semoga Ringkasan Postingan aku diatas Bisa Membantu dan meningkatkan Pengalaman kita Utamanya bagi kita (Tehnik Mesin) Semoga bermanfaat. Thanks
cara menyetel fuel pump biar irit gmn sih guys???
BalasHapusBerdasarkan pengalaman saya pribadi untuk setting fuel pump jarang sekali dilakukan,. Untuk menghemat bahan bakar biasanya saya sedikit mengendurkan settingan klep-nya.. tapi dampaknya kinerja mesin loyo kurang bertenaga
Hapuspenjelasannya memang cukup lengkap gan, hanya saja sedikit buram buat dibaca :)
BalasHapusGearz Area | Belajar ilmu tekhnik, mekanik, otomotif dan diesel
ya maklum gan, masih sama sama tahap belajar.intinya diatas teori pas kita melamar kerjaan, khusus orang mesin apalagi perwira. wajibtau..biar lolos interview ..
HapusSory baru sempat Balas,.. Kurang jelas yah,.. :( Boy sandi Maaf aku cuma bisa sedikit2 di mesin diesel kapal laut, untuk irit di mesin modern sekarang susah, jalan yang aku tauya Rpm jangan ditancap pasti irit gan. Klu mesin yg bos pumnya terpisah2 bisa kita stel dari situ, ex mesin yanmar model lama yah. Stelannya di bost pump.
BalasHapusGmn cara stel jelek mesin cummins nta855M
BalasHapuskalau cummin mau di stel jelek, ya longgarin aja tuh inlet atau outlet klepnya.. ahaaaa aku masih proses belajar juga gan..mari caritau di mbah google lainnya..
Hapusok bosss +kamirvirgo thanks informasinya. tpi klo stelan klep kira2 berpengaruh gak ya sma irit dan borosnya suatu mesin???? mohon penjelasannya gan.
BalasHapusBerpengaruh gan, klu setelannya Pas yg pastinya akan semakin irit, coz klu stelan klep gak normal, mesin pembakarannya jadi kurang sempurna, sehingga kinerja mesin jadi kurang maksimal..
HapusMohon maaf gan, aku juga masih tahap belajar, kiranya ada jawaban yang kurangpas, ataupun teori diatas kurang mantap.. Harap dimaklumi..
BalasHapusPenyetelan klep tidak berpengaruh pada pembakaran solar beda ama bensin pengaruh sangat besar
BalasHapusSetuju sama komentar Ganda Praja diatas..
BalasHapusBuat yang sedang cari jasa renovasi rumah murah dan berencana akan membuat pondasi dalam pasti butuh jasa bore pile atau jasa strauss pile menggunakan beton dengan harga jayamix atau harga beton jayamix. Atau jika Anda sedang mencari harga paving block per meter yg murah atau akan menghias taman, gunakan paving block taman dengan harga pasang paving block per m2 yg murah & berkualitas segera hubungi 0812-1180-292 (Momo)
Kalau timing order bospump dengan timing order piston mesin yanmar 4kdl itu gk sama itu salah nya dmna guys.?
BalasHapusSaya mau tanya klo utk nyetel klep yg 6 silender gmn gan langkah2nya? Klo yg di atas kan 4 silinder.. Trima kasih
BalasHapusSama aja bos, bisa setel langsung semua dan juga bisa setel satu2. Kalo setel langsung semua, top cylinder 1:In dan ex
HapusCylinder 2:In Cylinder 3:ex Cylinder 4:In Cylinder 5:ex Cylinder 6: Overlaping.dan sebaliknya. Kalo setel satu2,1-5-3-6-2-4
Bro mau tanya. Apa bedanya bospom dan fuel pump?
BalasHapusMau tanyan gan. Sebetulnya fuel pump dan bospom itu bedanya apa sih?
BalasHapusYang benar injection pump. .Orang bnyak salah sebut dengan bos pump karna merek pompa injection pump nya bosch. Kalau fuel pump itu pompa transfer bahan bakar.bukan dimesin.. !! Masih jg salah sebut injection pump disebut fuel pump. .walau artinya sama.
HapusUntuk top mesen grader 511 bgai mana bos
BalasHapusMaut tanya bang berapa tekanan injektor mesin diesel Mitsubishi 4D32 pada saat dites.mohon infonya
BalasHapusBosch kalau masang boschpump keliru dengan top 4 mau hidup walaupun susah apa sebabnya
BalasHapusBosch kalau masang boschpump keliru dengan top 4 mau hidup walaupun susah apa sebabnya
BalasHapusmau nanya ni mesin mitsubishi6D16 mesin kapal agak panas penyebabx apa ya
BalasHapusMungkin sirkulasi airnya gak normal, bisa juga tidak berfungsinya termostat sehingga jalur air balik ke radiator tertutup
HapusIzin bg mau Tanyak. Bagaimana cara penyetelan klep pada 4 silinder
BalasHapussaya me beli buku manual mesin Diesel merk Yanmar 5 KDL dmna ya gan .mksih
BalasHapusMau tanya gan apa penyebab bosch pump panas untuk mesin diesel kapal..makasih
BalasHapusMau Tanya gan puller inlet pakai ketebalan berapa mm Dan ex berpa mm. Untuk stel klepnya.
BalasHapusCara stel klep 2 tahap 6 cylinder
BalasHapusmohon maaf sebelumnya saya mau tanya cara menyetel timing mesin hanshin 6 LU 54.4500 hp
BalasHapus