MAIN ENGINE
Gambarlah
System bahan bakar , system pendingin, dan system pelumasan Main Engine
(Tk terletak
diatas pompa injeksi =>karna pengaruh grafitasi)
2. Saringan
pada pompa pengalir
3. pompa
tangan
4. saringan
halus
5. pompa injeksi
6. pipa
tekanan tinggi
7. nozzle
SYSTEM
PENDINGIN M/E :
1.Fresh
water Expansion tank
2. Main
Engine
3. Fresh
Water Cooler
4. Lub Oil
Cooler
5. Fresh
water Cooler
5. Sea water
cooler
6. Sea water
filter
7.sea chest
8. valve
inlet
Apa yang anda lakukan apabila mengetahui temperature air
pendingin Main Engine Melebihi Batas Normal?
-Check Air radiator bila kurang segerah ditambah
-Check Tekanan Air pendingin M/E
-check saluran pipa pendingin M/E apa ada kebocoran
-Check Cooler pendingin M/E apakah berjalan normal (BersihkaN COOLER bila perluh)
-Melapor ke Anjungan/Atasan Apabila pada saat berlayar Untuk
menurunkan RPM Untuk mengambil langkah selanjutnya.
Alat pengaman (Safety device) Apa yang terdapat pada
motor lampu maupun M/E Apa Fungsinya?
- 1. High Coolant Temparature, setting sekitar 90 deg C (Alarm temperature tinggi)
- 2. Low Oil Pressure (Pengaman jika Tekanan Oli Kurang)
- 3. Overspeed, setting sekitar 55 Hz (Over speed)
- 4. CB-Circuit Breaker (Pengaman Circuit Breaker)
- 5. Reverse Power
- 6. Over Current Relay
- 7. Under Voltage Relay
- 8. Over Voltage Relay
- 9. Under Frekuensi Relay
- 10. Over Frekuensi Relay
Pada saat jaga kamar mesin , mendengar suara tidak normal
(Noise) dari main Engine. Tindakan apa yang anda lakukan?
- -memeriksa sistem penggerak klep dan bagian yg terkait akan keausan antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) memeriksa tekanan dan suhu pada Main engine.
- -Bila terjadi sesuatu segera lapor ke anjungan/atasan untuk melakukan langkah selanjutnya.
Bagaimana anda mengetahui performance M/E ?
Cara mengetahui performance tidak lepas dari cara
perawatan/maintannace yang berkala, yakni dengan terawatnya saringan bahan
bakar, pendingin dan saringan udara Dan Tune up atau penyetelan klep. Sehingga suhu,
dan tekanan, pada main Engine semua berjalan normal,
Bagaimana tindakan anda bila mengetahui temperature gas
buang tinggi dan apa penyebabnya?
-Memeriksa Jacket water bila tdk berfungsi dengan baik maka
kemungkinan kisi2 radiator tersumbat/kotor /bocor dll, bersihkan bila kotor dan
ganti bila bocor.
-memeriksa intercooler udara bila kotor dibersihkan, ceck kondisi turbo (Oli pelumas) bila kurang
ditambah
-memeriksa injector dari silinder head bila buntu akibat
kerak dibersihkan dll
Jelaskan system PMS dikapal anda sebelumnya.
Sistem PMS (Plan Maintannance Service) yang diterapkan
adalah :
-Membantu Perwira kapal menyusun rencana dan mengatur untuk
meningkatkan kinerja kapal,
Seperti Pengecekan spare part dll.
-Memberikan kesinambungan perawatan (Penggantian Oli, filter,
dll)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar