Kamis, 13 Oktober 2016

TEHNIK MESIN KAPAL 2016

MAIN ENGINE


Gambarlah System bahan bakar , system pendingin, dan system pelumasan Main Engine


 
1.tangki solar
(Tk terletak diatas pompa injeksi =>karna pengaruh grafitasi)
2. Saringan pada pompa  pengalir
3. pompa tangan
4. saringan halus
5. pompa injeksi
6. pipa tekanan tinggi
7. nozzle


SYSTEM PENDINGIN M/E :   
1.Fresh water Expansion tank
2. Main Engine
3. Fresh Water Cooler
4. Lub Oil Cooler
5. Fresh water Cooler
5. Sea water cooler
6. Sea water filter
7.sea chest
8. valve inlet


System Pelumasan




Apa yang anda lakukan apabila mengetahui temperature air pendingin Main Engine Melebihi Batas Normal?

-Check Air radiator bila kurang segerah ditambah
-Check Tekanan Air pendingin M/E
-check saluran pipa pendingin M/E apa ada kebocoran
-Check Cooler pendingin M/E apakah berjalan normal  (BersihkaN COOLER bila perluh)
-Melapor ke Anjungan/Atasan Apabila pada saat berlayar Untuk menurunkan RPM Untuk mengambil langkah selanjutnya.

Alat pengaman (Safety device) Apa yang terdapat pada motor lampu maupun M/E Apa Fungsinya?


  • 1. High Coolant Temparature, setting sekitar 90 deg C (Alarm temperature tinggi)
  • 2. Low Oil Pressure (Pengaman jika Tekanan Oli Kurang)
  • 3. Overspeed, setting sekitar 55 Hz (Over speed)
  • 4. CB-Circuit Breaker (Pengaman Circuit Breaker)
  • 5. Reverse Power 
  • 6. Over Current Relay 
  • 7. Under Voltage Relay 
  • 8. Over Voltage Relay 
  • 9. Under Frekuensi Relay 
  • 10. Over Frekuensi Relay


Pada saat jaga kamar mesin , mendengar suara tidak normal (Noise) dari main Engine. Tindakan apa yang anda lakukan?


  • -memeriksa sistem penggerak klep dan bagian yg terkait akan keausan antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) memeriksa tekanan dan suhu pada Main engine.
  • -Bila terjadi sesuatu segera lapor ke anjungan/atasan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Bagaimana anda mengetahui performance M/E ?

Cara mengetahui performance tidak lepas dari cara perawatan/maintannace yang berkala, yakni dengan terawatnya saringan bahan bakar, pendingin dan saringan udara Dan Tune up atau penyetelan klep. Sehingga suhu, dan tekanan, pada main Engine semua berjalan normal,

Bagaimana tindakan anda bila mengetahui temperature gas buang tinggi dan apa penyebabnya?

-Memeriksa Jacket water bila tdk berfungsi dengan baik maka kemungkinan kisi2 radiator tersumbat/kotor /bocor dll, bersihkan bila kotor dan ganti bila bocor.
-memeriksa intercooler udara bila kotor dibersihkan,  ceck kondisi turbo (Oli pelumas) bila kurang ditambah
-memeriksa injector dari silinder head bila buntu akibat kerak dibersihkan dll

Jelaskan system PMS dikapal anda sebelumnya.

Sistem PMS (Plan Maintannance Service) yang diterapkan adalah :
-Membantu Perwira kapal menyusun rencana dan mengatur untuk meningkatkan kinerja kapal,
Seperti Pengecekan spare part dll.
-Memberikan kesinambungan perawatan (Penggantian Oli, filter, dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar